“Fakta-fakta” dari Arok Dedes

Arok Dedes
Pramoedya Ananta Toer
Lentera Dipantara, 2009  |  561 hlm

arokdedesIntrik, intrik, dan intrik: politik dalam perwujudannya yang paling jalang. Dahsyat, meski memang bukan karya terbaik Pramoedya, apalagi bab penutupnya yang tampak mengendur.

Karena sudah banyak yang mengulas serius tentang buku ini, bahkan menjadikannya bahan skripsi dan tulisan akademik lainnya, maka di sini saya tuliskan beberapa “fakta” menarik saja yang saya dapat dari buku ini:

  1. Kalau ingin penglihatan Anda tajam menembus kegelapan, tiap pagi cucilah mata Anda dengan “bagian tengah air seni” Anda sendiri. Meski saya juga kurang jelas bagian tengah air seni itu yang mana, tapi cara ini silakan dicoba 😀
  2. Ingin menerjuni jurang tanpa cedera? Potong dua lembar daun enau, kepit di ketiak, kepak-kepakkan, lalu LONCAT. Kalau Arok bisa, Anda pasti juga bisa 😀
  3. Di zaman yang diceritakan ini, rupanya orangutan hidup di tanah Jawa. Dan betinanya ketika lagi birahi buas sekali, bahkan mayat seorang laki-laki pun (putra Tunggul Ametung) bisa ikut disosor.
  4. Kalau Anda seorang Paramesywari, Anda bisa minta apa saja dihadirkan dalam sekejap. Apa saja, termasuk meminta 18 orang sinden tiba-tiba hadir dan bernyanyi menghibur Anda.
  5. Apapun yang terjadi, jangan pernah percayakan naskah tulisan Anda pada militer: kalau tidak dibuang ya bakal lenyap ke loakan Pasar Senen.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: