Pertapa yang Menyesal

Sanyasi
Rabindranath Tagore
Judul asli: Prakritir Pratishodh, diterjemahkan ke bahasa Inggris oleh Tagore sendiri menjadi Sanyasi, or The Ascetic (1917)
diterjemahkan oleh Toto Sudarto Bachtiar dari versi Inggris
Pustaka Jaya, 1979  |  36 hlm


sanyasiPendek, indah, mengena. Itulah yang bisa saya bilang mengenai drama Tagore yang mengangkat masalah kebatinan dan spiritualisme ini. Sikap Tagore jelas sekali dalam hal ini: pencarian kebenaran hanya bisa dilakukan dengan terlibat dalam hiruk pikuk masalah-masalah kemanusiaan, bukan dengan menghindarinya demi menggapai ketenangan dan kesucian.

Mulanya Sanyasi si pertapa bersikap ogah dengan keributan manusia-manusia di sekitarnya. Ketika ada seorang pengembara bertanya bolehkan dia berlindung di tempat itu, Sanyasi malah menjawab dengan jawaban khas seseorang yang menampik dunia: “Di mana-mana tidak ada tempat berlindung, Nak, selain dalam kedalaman dirimu sendiri.” Sanyasi memandang semua orang sebagai noda: “Mereka bergelimang dalam debu kehidupan. Orang yang suci adalah dia yang telah menyingkirkan dunia dari fikirannya.”

Sampai pada suatu ketika datang seorang gadis yang tidak punya siapa-siapa lagi, dan ia merasa tenteram berada dekat Sanyasi. Seperti biasa Sanyasi menolaknya, ia tinggalkan tempat pertapaannya dan gadis itu: “Aku harus bebas.”

Bertahun-tahun berlalu Sanyasi menyadari bahwa sikapnya keliru. Kenangan akan tangis gadis itu, tangis manusia yang membutuhkan kasih sayang manusia lainnya, terus menghantuinya. Ia pun sadar bahwa kebenaran hanya bisa dicapai dengan terlibat dalam urusan manusia, urusan dunia, bukan menghindarinya dengan lari ke dalam dunia kebatinan. “Wahai si tolol, yang ingin mencari keselamatan dengan berenang sendirian, dan melalaikan sinar matahari dan bintang kemintang.”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: