Detektif-detektif Sezaman Sherlock Holmes

The Crooked Counties: The Further Rivals of Sherlock Holmes
Hugh Greene (ed.)
Penguin, 1974  |  304 hlm

crookedBuku ini adalah kumpulan ketiga dari tiga seri antologi cerita detektif sezaman dengan Sherlock Holmes yang disusun oleh Hugh Greene. Sezaman dengan Sherlock Holmes di sini berarti adalah Inggris pada akhir abad ke-19 hingga awal Perang Dunia I, atau juga sering disebut sebagai Inggris zaman Victorian dan Edwardian. Meski bahasanya agak terlampau klasik buat saya, antologi ini membuktikan bahwa banyak cerita detektif lainnya zaman itu yang menarik, namun tertututpi oleh kemasyhuran Sherlock Holmes.

Dalam pengantarnya Greene bercerita bagaimana ia melakukan riset ini dengan koceknya sendiri, berburu majalah dan buku-buku di loakan, perpustakaan, sampai katalog buku langka.

Tokoh-tokoh di cerita-cerita ini cukup variatif; ada detektif-detektif perempuan seperti Miss Loveday Brooke dan Miss Dora Myrl, ada juga detektif vegetarian Thorpe Hazell.

Lalu mengapa diberi judul Crooked Counties? Greene berangkat dari perkataan Sherlock Holmes sendiri bahwa “penjahat-penjahat paling keji di London tidak menyimpan cacatan kejahatan yang lebih buruk dibanding pinggiran desa yang indah dan murah senyum”. Nah, buku Greene ini seperti membuktikan tesis Holmes tersebut, karena antologi ini mengkhususkan diri pada cerita yang berlatar pedesaan di pinggiran Inggris, dan kasus-kasus kriminal yang terjadi ternyata tak kalah seru dan pelik dibanding yang ditangani Holmes dari Baker Street 221B, London.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: